Percantik Halaman Rumah Anda Dengan Pohon Tabebuya

Bunga sakura tampak mekar di sepanjang jalan. Tapi ini bukan musim semi di Jepang dan ini bukan bunga sakura. Suasana di sepanjang Jalan Raya Sempidi di wilayah Badung Puspem Bali berbeda hari ini. Ini karena pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) sudah mulai mekar di sepanjang jalan.

Percantik Halaman Rumah Anda Dengan Pohon Tabebuya

Mekarnya bunga tabebuya memberi nuansa sakura pada tanah. I Putu Eka Merthawan, direktur Kantor Lingkungan dan Sanitasi Kabupaten (LHK) Badung, mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Badung menanam ribuan pohon Tabebuya.

Bunga kuning Tabebuya dari 500 pohon ditanam di daerah Petitinget setelah Kuta. Pohon tabebuya merah muda dan putih adalah 5.000 pohon yang tersebar di sekitar wilayah Badung.

Bibit Tabebuya ini dipilih karena memang pada saat bibit sangat mudah mengidentifikasi warna daun nya kelak,dan jug agar pohonnya tetap hijau selama musim kemarau. Daunnya jarang jatuh. TabebuyaPohon Tabebuya sebenarnya ditanam di sepanjang Jalan Raya Sempidi ke desa pelayaran. Kemudian akan tumbuh ke Mengwitani nanti. Ini adalah contoh pohon bayangan dari ikon Mangupura,Tabebuya kata Eka Merthawan pada Minggu, 6 Oktober 2019.

Walikota Tri Rismaharani juga sebelumnya memilih Tabebuya untuk menghijaukan dan memperindah kota Surabaya. Kota-kota lain seperti Bandung dan Jakarta mengikuti kemudian.

Beberapa hal yang menyebabkan memilih Tabebuya sebagai tanaman hijau adalah sebagai berikut:

Bunga yang bagus

Tabebuia adalah pohon yang dapat mekar dan memiliki bentuk bunga yang indah. Pada periode berbunga, Tabebuia tidak hanya memiliki beberapa pilihan warna, tetapi juga dapat menghasilkan sejumlah besar bunga dan tidak pecah dari awal musim kemarau hingga musim hujan. Waktu berbunga sudah dapat ditentukan dengan memanipulasi pola pembuahan.

Dapat bertahan dalam kondisi kering.

Habitat asli Tabebuia berasal dari daerah dengan iklim kering dan karenanya memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam kondisi kekeringan. Sangat cocok untuk dipilih sebagai tanaman hijau yang umumnya tidak disiram selama musim kemarau.

Tidak memiliki kanopi dan naungan yang terlalu lebar. Kanopi tabebuia tidak terlalu lebar seperti jenis pohon pada umumnya. Jadi tampilan tidak terputus dan tampilan diblokir. Selain itu, bayangan yang terbentuk masih tembus cahaya matahari yang membutuhkan.

Pria yang tumbuh cepat, tetapi tidak terlalu besar dan tinggi.

Termasuk jenis pohon yang bisa tumbuh cepat. Mekar dengan cepat di sini, Anda tidak perlu menunggu lama untuk berbunga, pada usia 8 bulan sudah ada tabebuia yang dapat menghasilkan bunga.

Akar pohon aman untuk konstruksi bangunan. Pohon Tabebuia memiliki satu jenis akar tunggang tunggal. Jangan merusak gedung atau bangunan terdekat. Sangat cocok untuk tanaman dengan nuansa halaman minimalis.

Bibit pohon Tabebuya

Pembibitan bunga Tabebuya

Pembibitan Tabebuya sering dioperasikan dengan biji (metode generatif). Biji ini harus benar-benar biji tua untuk menjadi biji. Tandanya adalah biji tua, biasanya biji ini jatuh dari pohon. Setelah benih pohon Tabebuya dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengeringkan biji di bawah terik matahari. Kemudian biarkan biji mengering di tempat yang kering selama 1 bulan. Setelah 1 bulan, benih harus ditaburkan di media benih yang terdiri dari tanah dicampur dengan pupuk organik (pupuk kandang dan kompos). Campurkan 1: 1 antara tanah dan pupuk organik. Bibit dan perawatan sampai bibit pohon Tabebuya setinggi 1 m, maka benih dapat ditanam.

Proses penanaman bibit pohon Tabebuya

Langkah selanjutnya adalah menanam benih dan menyiapkan media tanam dengan campuran tanah dan pupuk, seperti halnya dengan bibit. Lalu buat lubang dengan kedalaman 30 cm – 50 cm. Kemudian tanam bibit pohon Tabebuya tepat di tengah lubang tanam sehingga bibit pohon Tabebuya dapat tumbuh kembali nanti. Lengkap dengan kayu eksekusi dan mengikat bibit pohon Tabebuya ke pohon penegakan. Kemudian secara perlahan dan padat tumpukan benih pohon tabebuya sehingga pohon tabebuya tidak mudah roboh.

Pelihara bibit pohon Tabebuya

Sirami bibit pohon Tabebuya secara teratur. Jika pohon Tabebuya mencapai ketinggian lebih dari 10 m, tidak perlu lagi disiram. Cukup mudah untuk menyirami pohon tabebuya. Langkah selanjutnya adalah pembuahan. Pohon tabebuya ini harus dibuat secara teratur sehingga pohon tabebuya menghasilkan bunga yang lebat dan warna yang lebih mencolok. Pemupukan pohon tabebuya sebenarnya tidak perlu, tetapi hasil bunga kemudian juga biasa-biasa saja. Berbeda dengan saat menggunakan pupuk.

Manfaat dari pohon tabebuya

Pohon Tabebuya tentu saja tidak ditanam sebagai pohon hias, tentu saja ada banyak keuntungan lain, tetapi banyak orang belum menyadari hal ini. Beberapa keuntungan dari pohon Tabebuya dijelaskan di bawah ini:

Sebagai pohon pelindung atau pohon bayangan

Keuntungan pertama pohon tabebuya ini tentu saja pohon pelindung atau pohon bayangan. Karena batangnya yang besar, pohon Tabebuya memiliki perawakan yang tinggi dan lebar, sehingga membentuk lingkaran besar dari atas pohon Tabebuya. Memang, pohon tabebuya sering digunakan sebagai bayangan bagi orang-orang ketika hujan. Memang, ini adalah pohon tabebuya yang memiliki banyak cabang yang sangat tebal. Air juga sulit ditembus ke pohon tabebuya ini.

Proses penanaman bibit pohon tabebuya

Langkah selanjutnya adalah menanam benih dan menyiapkan media tanam dengan campuran tanah dan pupuk, seperti halnya dengan bibit. Lalu buat lubang dengan kedalaman 30 cm – 50 cm. Kemudian tanam bibit pohon Tabebuya tepat di tengah lubang tanam sehingga bibit pohon Tabebuya bisa tumbuh kembali nanti. Lengkap dengan kayu yang dapat dieksekusi dan ikat bibit pohon Tabebuya ke pohon penegakan hukum. Kemudian secara perlahan dan padat susun bibit pohon tabebuya agar pohon tabebuya tidak mudah roboh.

Memelihara bibit pohon Tabebuya

Sirami bibit pohon Tabebuya secara teratur. Jika pohon tabebuya mencapai ketinggian lebih dari 10 m, pohon itu tidak perlu disiram lagi. Menyirami pohon tabebuya cukup mudah. Langkah selanjutnya adalah pembuahan. Pohon tabebuya harus dibuat secara teratur agar pohon tabebuya menghasilkan bunga yang lebat dan warna yang lebih mencolok. Pemupukan pohon Tabebuya sebenarnya tidak perlu, tetapi hasil bunga juga biasa-biasa saja. Berbeda dengan saat menggunakan pupuk.

Keuntungan dari pohon tabebuya

Pohon Tabebuya tentu tidak ditanam sebagai pohon hias, tentu saja ada banyak keuntungan lain, tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya. Beberapa keuntungan dari pohon Tabebuya dijelaskan di bawah ini:

Seperti pohon bayangan atau pohon bayangan

Keuntungan pertama dari pohon Tabebuya tentu saja adalah pohon bayangan atau pohon bayangan. Karena batangnya yang besar, pohon tabebuya memiliki tinggi dan lebar, membentuk lingkaran besar dari bagian atas pohon tabebuya. Bahkan, pohon tabebuya sering digunakan sebagai bayangan bagi orang-orang ketika hujan. Memang, ini adalah pohon tabebuya yang memiliki banyak cabang yang sangat tebal. Air juga sulit ditembus ke pohon tabebuya ini.

Manfaat yang dihasilkan dari pohon tabebuya

Pohon tabebuya ini tentunya bukan ditanam sebagai pohon hias saja, tentunya masih banyak lagi manfaatnya namun hal ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Berikut adalah paparan dari beberapa manfaat yang dihasilkan oleh pohon tabebuya :

  • Sebagai pohon pelindung atau pohon peneduh

Manfaat yang pertama dari pohon tabebuya ini tentunya adalah sebagai pohon pelindung atau pohon peneduh. Pohon tabebuya ini memiliki perawakan yang tinggi dan luas mengingat batang nya yang besar sehingga bila dilihat dari atas pohon tabebuya ini membentuk sebuah lingkaran yang besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *