Upaya Pemerintah Desa Menjaga Kesehatan Warga – Posyandu, Posbindu hingga Tim Jumantik

Desa Karangrejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri baik warga auapun peemrintah desany (pemdes) secara kompak menjaga kesehatan mereka dengan fasilitas pos pelayanan terpadu (posyandu),pos pembinan terpadu  (posbindu) hingga juru pemantau jentik (jumantik).

“Program ini menyeluruh, mulai dari pelayanan kesehatan dari balita, remaja hingga lajut usia desa sini,” terang Heri Sujoko, kepala desa Karangrejo. Ia menjelaskan juga bila upaya kesehatan ini tidak hanya untuk tubuh yang sehat, melainkan juga unsur preventif menyebarnya penyakit menular. Tidak hanya pelayanan tersebut, ia mengharapkan nantinya posyandu ini meminimalisir kondisi kesehatan warga yang memburuk.

Baca juga nih Cara Menghindari Ikan Koi Mati Mendadak

Heri menceritkan bila terdapat pula upaya dari sisi pendidikan dengan istilah taman posyandu (Tapos) yang dilaksanakan seminggu dua kali untuk anak-anak agar memiliki pengetahuan tentang kesehatan, yang nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit. Sehingga cenderung merata, layanan kesehatan untuk balita, remaja,hingga lansia. Diakuinya pula bila hal tersebut aawlnya didampingi oleh pihak Puskesmas setempat, hingga berjalan secar mandiri seperti saat ini (09/10).

“Langkah ini juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatannya sendiri, mulai dari periksa gula darah, hingga tekanan darah,” imbuhnya. Heri mengakui bila untuk keseluruhan program kesehatn tersebut adalah gratis tanpa dipungut biaya, serta tidak jarang pula dilaksanakan sosialisasi maupun penyuluhan. Pelaksanaan dari masing-masing program kesehatan ini mulai dari  satu bulan sekali hingga setiap hari, seperti kegiatan jumantik.

Warga merespon cukup baik dengan adanya kegiatan pelayanan kesehatan tersebut, mulai menghadiri setiap pelaksanaan program, hingga antusias saling mengabarkan ke sesama warga sekitar. “Dulu awalnya jarang datang di kegiatan seperti ini,namun kesini-sini semakin sadar dan ,memanfaatkannya,” ujar Heri. Sebagai orang pertama di desanya, ia berharap agar seluruh warganya mampu memanfatkan program kesehatan yang ada dan memnimalisasi kondisi kesehatan yang buruk serta berharap menjaga kebersihan lingkungan setempat.(rie)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>